main yuk teman :D

halo hola hay hay blogger sekalian yang telah gelisah menanti postingan darikuu..*apasih sok laku blognya.* ahaha

well, I miss writing some useless thing on my blog. Hehehe (ok. all my posts are useless)
ya dan postingan useless saya kali ini jatuh pada... *jreng jreng jreng*
DOLANAN JADUL
hehe iya mainan kita waktu jaman baheula, jaman jaman tk-1,2sd.. hhe
oke, lets start:
1. Bongkar pasang
Bongkar Pasang adalah gambar sosok dua dimensi yang dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan gambar pakaian dan asesorisnya. Bisa berupa sosok pribadi, tokoh kartun, atau tokoh rekaan belaka. Ditambah pula gambar berbagai peralatan rumah tangga semisal tempat tidur, telepon dan berbagai gambar makanan. Dan, perabotan yang tidak ada dalam pola, biasanya dibuat sendiri dari kertas, plastik, atau kayu.

Boneka kertas ini muncul pertama kali di Paris pada abad 18, pada masa pemerintahan raja Louis XV. Awalnya berupa gambar artis yang sedang populer pada waktu itu. Diperuntukkan memang untuk permainan yang bisa dibongkar pasang alias tidak permanen. Dalam perkembangannya permainan ini menyebar keseluruh dunia dengan berbagai karakter seperti, bintang film, tokoh komik, dan yang paling populer sosok boneka barbie. Permainan ini cepat populer karena sangat mudah dibuat, murah, dan tidak perlu keahlian khusus dalam merakitnya.



2. Bekelan

Wah, yang ini mainan favorit saya waktu SD. Kalao jam istirahat, pasti yg cewe cewe pada ngumpul ngebentuk lingkaran dan mulai main bekelan.

Permainan ini dilakukan dengan cara menyebar dan melempar bola ke atas dan menangkapnya setelah bola memantul sekali di lantai. Kalau bola tidak tertangkap atau bola memantul beberapa kali maka pemain dinyatakan mati.


3. Benteng - Bentengan

Ya! Ini permainan yang paling seru, soalnya yang main cewe-cowo, kalo dua permainan tadi notabennya untuk cewe. Yang ini bisa dua-duanya.

Dalam permainan ini seluruh anggota dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing punya benteng. Bisa pohon bisa tiang listrik. Jarak antar benteng sekitar 10 meter.

Setiap kelompok harus mempertahankan bentengnya masing-masing. Selain menyerang benteng lawan kita juga dapat menawan anggota lawan. Bila personal kita dapat bisa memegang kelompok lawan yang berkeliaran, dia jadi tawanan kita. Dan, dia kita tempelkan di pohon tempat benteng kita dan tidak boleh pergi kemana-mana. Semakin banyak lawan yang dapat kita tawan maka semakin besar peluang kita untuk menang.



see? haha masih inget kan mainan kalian waktu sd? emang jaman2 sd paling ga bisa di lupain..

x) and i'm kinda missing my bestfriends, my first love, the teachers, the canteen, hhihi

ya udah, sekian postingannya

enjoy your weekends <3>

No comments:

Post a Comment